Jangan Lalai, Inilah Bahaya Merokok bagi Kesehatan

Bahaya merokok

Jangan Lalai, Inilah Bahaya Merokok bagi Kesehatan – Sudah bukan rahasia umum kalau merokok adalah kebiasaan yang tidak baik bagi kesehatan. Bahkan pada bungkusnya saja terdapat penjelasan berbagai penyakit akibat merokok. Tapi mengapa orang tidak kapok ya?

Di dalam rokok banyak kandungan zat-zat yang tidak baik bagi tubuh apabila terhirup, baik bagi perokok aktif maupun pasif. Setiap rokok yang dihisap bisa meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, masalah kesuburan, dan gangguan pada paru-paru, misalnya PPOK dan kanker paru-paru. Di bawah ini penjelasan bahaya merokok yang mengancam kesehatan.

Kandungan Berbahaya pada Rokok

Di dalam satu batang rokok mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia berbahaya dan sekita 70 di antaranya bisa menyebabkan kanker. Berikut ini bahan-bahan kimia berbahaya yang terkandung di dalam rokok:

1. Nikotin

Zat pertama adalah nikotin. Meskipun zat stimulan ini dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan daya ingat, namun bila zat ini juga menimbulkan efek kecanduan dan membuat perokok sulit menghentikan kebiasaan.

Baca Juga : Inilah Bahaya Bulu Kucing di Balik Kelucuannya

Disamping itu, nikotin juga memiliki efek berbahaya, seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah, berkurangnya nafsu makan, sesak napas, mual, hingga diare. Jika ada seseorang yang berhenti merokok, maka tubuhnya akan mengalami gejala putus nikotin yang ditandai dengan timbulnya rasa cemas, gelisah, pusing, sulit berkonsentrasi, susah tidur, kelelahan, cepat marah, dan nafsu makan meningkat. Nyatanya orang yang berhenti merokok akan terlihat lebih gemuk.

2. Karbon monoksida

Kedua adalah zat karbon monoksida yang juga ditemukan pada asap knalpot mobil. Zat ini bisa menghalangi suplai oksigen ke seluruh bagian tubuh, memaksa jantung bekerja lebih keras, dan mengganggu kinerja paru-paru.

3. Tar

Selanjutnya ada Tar. Tar yang ada di dalam asap rokok mengandung berbagai bahan kimia karsinogen dan dapat memicu perkembangan sel kanker di tubuh. Zat ini yang menyebabkan gigi dan jari menjadi berwarna kuning. Tak ayal para perokok pasti memiliki gigi dan juga jari yang berwarna kuning.

4. Benzena

Zat yang juga ditemukan di dalam pestisida dan bahan bakar minyak (bensin) ini dapat meningkatkan risiko terjadinya leukemia dan kondisi kelainan darah lainnya.

Selain bahan-bahan di atas, dalam sebatang rokok juga mengandung zat arsenik yang digunakan di dalam pestisida, formalin yang biasa digunakan untuk mengawetkan mayat, sianida untuk membuat senjata kimia, dan amonia.

Bahaya Merokok bagi Kesehatan

Kandungan zat kimia yang terdapat dalam rokok sangat berbahaya bagi kesehatan, di antaranya adalah :

1. Gangguan kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke bisa terjadi pada orang yang sering merokok, baik aktif atau pasif yang hanya menghirup asap rokok dari orang sekitarnya. Risiko akan semakin meningkat pada perokok yang jarang berolahraga, kurang menjaga pola makan, dan sering stres.

2. Penyakit paru-paru

Bahaya merokok selanjutnya adalah kanker paru-paru. Sel paru-paru akan rusak dikarenakan bahan-bahan kimia yang ada pada rokok dan berpotensi menjadi sel kanker. Berbagai penyakit pada paru-paru, seperti bronkitis, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan emfisema juga bisa terjadi karena merokok.

3. Resiko Kanker

Tidak hanya menimbulkan masalah pada paru-paru, merokok juga bisa menyebabkan kanker di bagian tubuh lainnya seperti mulut, laring (kotak suara), faring (tenggorokan), kerongkongan, ginjal, serviks, hati, kandung kemih, pankreas, dan perut.

Sel tubuh dalam bahaya ketika terpapar asap rokok apapun jenis rokoknya. Organ tubuh bisa rusak secara perlahan bila hal ini terus terjadi.

4. Kerusakan otak

Selain dapat mengganggu perkembangan dan fungsi otak, merokok juga dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit pada otak, seperti stroke, aneurisma otak, dan pikun atau demensia.

5. Penyakit mulut dan tenggorokan

Merokok menimbulkan efek bau mulut, gigi bernoda, dan penyakit gusi. Selain itu, merokok juga bisa menimbulkan masalah lain yang lebih serius seperti kanker pada mulut, bibir, lidah, dan tenggorokan, termasuk kanker laring dan kanker nasofaring.

6. Penyakit lambung

Karena otot bagian bawah kerongkongan menjadi lemah akibat merokok, sehingga memungkinkan asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi seperti ini dikenal dengan penyakit asam lambung atau GERD. Risiko lain yang lebih serius adalah penyakit ulkus atau tukak lambung hingga kanker lambung.

7. Tulang keropos atau rapuh

Perokok lebih berisiko mengalami tulang rapuh atau osteoporosis. Hal ini terjadi karena racun pada rokok bisa menimbulkan kerapuhan pada tulang.

8. Penuaan dini

Merokok juga tidak baik bagi kecantikan karena bisa menyebabkan penuaan dini. Tanda-tandanya adalah adanya kerutan di sekitar mata dan mulut. Hal ini terjadi karena kurangnya asupan oksigen ke kulit, sehingga orang yang merokok akan terlihat lebih tua dibanding orang yang tidak merokok.

9. Masalah pada organ reproduksi

Sistem reproduksi dan kesuburan juga akan terganggu akibat merokok. Merokok bisa menyebabkan gangguan ereksi dan mengurangi produksi sperma pada pria. Sedangkan pada wanita, merokok dapat mengurangi tingkat kesuburan. Selain itu, karena rokok mengurangi kemampuan alami tubuh dalam melawan infeksi HPV maka risiko terkena kanker serviks pun lebih tinggi.

10. Gangguan psikologis

Bahaya merokok bukan hanya menyerang fisik saja melainkan juga dapat menimbulkan gangguan psikologis, seperti gangguan cemas, susah tidur, dan depresi. Karena otak sudah sering terpapar zat beracun dari rokok itulah mengapa hal ini bisa terjadi.

 

Kebiasaan merokok bisa mengganggu kesehatan dan mengurangi kualitas hidup kamu sendiri dan juga orang di sekitarmu. Berhentilah merokok demi kelangsungan hidup yang lebih baik dan pastinya lebih sehat.