Gejala Kanker Ini Harus Kamu Kenali Sejak Dini!

gejala kanker

Gejala kanker memang harus dideteksi sejak ini agar bisa mendapat penanganan tepat. Seandainya gejala tersebut telat diketahui, sangat bisa jadi ini akan menimbulkan penyakit yang semakin ganas bahkan kematian.

Hal ini berlaku untuk semua jenis kanker yang memang harus lebih dini diketahui ciri-cirinya terhadap kondisi fisik atau kesehatan seseorang. Tapi lucunya, banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap pencegahan dan ciri-ciri kanker.

Contohnya saja, saat ini kamu bisa lihat banyak orang yang makan tanpa memikirkan dampak makanan yang ditelan bagi kesehatan. Banyak juga orang mengkonsumsi minuman alkohol dengan pola hidup tidak sehat. Nanti, kalau tanda-tanda kanker sudah muncul, baru deh nyesel.

Nah mumpung kamu sedang membaca tulisan ini, yuk disimak baik-baik informasi terkait kanker, ciri-ciri terkena kanker, dan cara pencegahannya.

Sekilas Tentang Gejala Kanker

Kanker merupakan penyakit kronis akibat pertumbuhan sel abnormal di dalam tubuh. Gradasi pertumbuhan kanker ini bisa dibilang halus karena pada awalnya si penderita seolah merasa baik-baik saja sampai muncul tanda-tanda kanker.

Keterangan dari sebuah situs kesehatan bernama halodoc menyatakan bahwa kanker akan semakin kronis jika terjadi pembelahan dari sel abnormal yang ada di dalam tubuh. Tanda-tanda kanker akibat sel abnormal yang membelah diri ini adalah membengkaknya bagian tubuh tertentu.

Kalau kamu ingin tahu apakah ada kanker di tubuh mu atau tidak, memang harusnya kamu cek ke dokter tapi dengan mengenali ciri-ciri penyakit kanker berikut ini, tentunya kamu bisa lebih mengantisipasi keadaan.

1. Perubahan Pada Kulit Jadi Salah Satu Gejala Kanker

Ciri-ciri terkena kanker yang pertama adalah terjadi perubahan pada warna kulit. Jika kulit mu mulai berubah menjadi lebih gelap, agak sedikit kuning atau sedikit merah, serta gatal-gatal, bisa jadi itu adalah gejala tumbuhnya kanker di dalam tubuh.

Segera konsulitasikan pada dokter untuk penanganan lebih lanjut jika benar bahwa perubahan kulit mu ini adalah tanda-tanda kanker. Jangan takut terjadi hal-hal buruk karena penanganan lebih dini adalah solusi paling aman.

2. Pendarahan Yang Tidak Biasa

Gejala kanker berikutnya yang juga harus kamu waspadai adalah munculnya pendarahan yang tidak biasa. Pendarahan yang kami maksud disini adalah pendarahan di area tubuh yang jarang sekali terjadi (bukan mimisan ya).

Pendarahan yang jadi salah satu ciri-ciri penyakit kanker adalah pendarahan di area anus yang mengeluarkan darah setiap kali kamu BAB. Darah tersebut biasanya berwarna agak gelap dan ini jadi pertanda kanker pencernaan.

3. Luka Yang Tak Kunjung Sembuh Bisa Jadi Gejala Kanker

Jika kamu punya luka yang tak kunjung sembuh, bisa jadi itu adalah ciri-ciri terkena kanker kulit. Di area mana pun luka yang tak kunjung sembuh itu, asalkan masih di area kulit, sebaiknya kamu konsultasikan ke dokter secepatnya.

Seandainya, luka yang tak kunjung sembuh itu terjadi di area mulut, bisa jadi itu adalah tanda-tanda kanker mulut. Contoh lukanya adalah gusi berdarah atau sariawan yang tak kunjung hilang. Segera konsultasikan ke dokter ya jika kamu punya luka di mulut yang tak kunjung sembuh.

4. Gejala Kanker Berupa Demam

Demam juga merupakan ciri-ciri terkena kanker yang harus diwaspadai karena ada berbagai macam kanker yang gejalanya adalah demam tinggi selama 3 hari berturut-turut, atau bahkan berminggu-minggu.

Jika kamu mengalami demam selama 3 hari namun sembuh di hari ke 4, bisa dipastikan bahwa itu bukanlah gejala kanker. Namun jika demam itu masih berlanjut, segeralah periksa ke dokter dan minta penanganan medis yang tepat.

5. Lelah Terus-menerus

Jika kamu mengalami sindrom kelelahan sekalipun kamu sudah beristirahat, segeralah periksa ke dokter karena ini jadi salah satu tanda-tanda kanker perut dan leukimia. Namun pastikan juga bahwa kelelahan ini bukan karena proses tidur yang terganggu.

Pencegahan Untuk Terhindar Dari Gejala Kanker

Sebelum tanda-tanda kanker ada di tubuh kamu, sebaiknya cegah kehadirannya dengan melakukan tips berikut ini sebagai usaha untuk bisa tetap hidup sehat sesuai dengan standart kedokteran Indonesia.

– Pertahankan Berat Badan Ideal

Agar tanda-tanda kanker tidak ada pada diri mu, pertahankanlah berat badan ideal karena ini adalah tanda bahwa kamu menjaga pola makan dan asupan dengan baik sesuai dengan apa yang diperlukan tubuh.

– Rutin Olahraga

Kamu juga harus rutin berolah raga supaya terhindar dari ciri-ciri kanker karena olahraga bisa membuat reproduksi sel kembali normal jika sebelumnya terjadi sesuatu yang abnormal pada sistem reproduksi sel tersebut.

– Konsumsi Makanan Sehat

Kalau kamu suka dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran, telur, susu, dan vitamin, maka besar kemungkinan kamu akan jauh dari ciri-ciri penyakit kanker sebab makanan sehat tersebut berfungsi untuk menormalkan kembali sistem metabolisme tubuh.

– Berhenti Merokok

Terakhir, kamu akan terhindar dari gejala kanker jika kamu berhenti merokok. Selain bisa terhindar dari kanker, jika kamu berhenti merokok, maka penampilan mu akan lebih segar dan lebih menarik dari sebelumnya.