Kelenjar Tiroid Bisa Menjadi Kanker! Cegah Dengan Cara Ini!

kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid kini jadi semakin mengkhawatirkan mengingat banyaknya kasus kanker yang diakibatkan oleh sel-sel auto pilot yang ada di area kelenjar tersebut. Bahkan, kanker ini bisa menyerang semua orang tanpa pandang usia.

Kanker tiroid sering kali membuat pola tidur pengidapnya jadi berantakan karena rasa nyeri di area leher yang bahkan nyerinya bisa sampai terasa sakit di bagian mata. Jika tidak segera mendapat penanganan, tentunya kondisi si pengidap akan semakin parah.

Penyakit tiroid ini lebih sering terjadi pada wanita karena faktor reproduksi sel pada kaum hawa dua kali lebih cepat dibandingkan laki-laki. Namun begitu, bukan berarti pria tidak akan terkena penyakit ini ya.

Nah untuk mengetahui lebih lanjut terkait gejala tiroid, penyebab, dan cara pencegahannya, yuk disimak informasi yang sudah kami kumpulkan dari berbagai sumber, dan akan kami ulas disini dengan bahasa yang mudah-mudahan mudah untuk kamu mengerti.

Mengenal Kanker Kelenjar Tiroid

Tiroid sebenarnya adalah kelenjar hormon yang bentuknya mirip dengan kupu-kupu dan terletak di dalam leher. Kanker tiroid disebabkan karena pertumbuhan sel di kelenjar ini, dimana sel tersebut tidak bisa dikendalikan seperti pertumbuhan sel pada umumnya.

Sebelum menjadi penyakit tiroid, kelenjar ini sebenarnya juga berfungsi untuk mengatur tekanan darah, detak jantung, serta suhu tubuh. Namun karena pertumbuhan sel yang tadi sudah dijelaskan, kelenjar ini pun bisa berubah jadi penyakit kronis.

Dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, kanker tiroid lebih jarang terjadi namun kasusnya cukup membludak pada tahun 2022 ini. Berikut kami juga sudah merangkum berbagai gejala tiroid yang biasa dialami oleh penderitanya.

Kenali Gejala Kelenjar Tiroid Yang Jadi Kanker

Penyakit kelenjar tiroid adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh faktor genetik, faktor keturunan, dan kondisi medis tertentu. Untuk itu, kamu perlu tanya nih ke orang tua mu, apakah ada riwayat keluarga yang sebelumnya terkena penyakit ini.

Seperti penyakit pada umumnya, kanker tiroid juga menimbulkan gejala yang akan dialami oleh si penderita. Meskipun lebih absah jika melalui hasil pemeriksaan dokter, tapi kamu bisa mengira-ngira apakah kelenjar tiroid mu masih aman atau tidak lewat gejala berikut.

– Leher Terasa Nyeri

Gejala tiroid yang umum dirasakan oleh penderitanya adalah timbul rasa nyeri di area leher. Rasa nyeri ini kadang bisa sampai membuat penderitanya jadi susah tidur, dan ketika sudah mulai mengantuk biasanya penderita akan tertidur sambil mendengkur.

– Tenggorokan Terasa Sakit

Tenggorokan yang terasa sakit juga merupakan salah satu gejala dari penyakit tiroid ini. Rasa sakitnya seperti ada luka lecet, perih, dan terasa sangat tidak nyaman. Pada beberapa kasus, gejala ini bisa sampai membuat suara serak.

– Pembengkakan Kelenjar Tiroid

Leher yang membengkak jadi gejala tiroid yang paling kontras terlihat. Jika kamu mengalami pembengkakan pada leher, alangkah baiknya kamu langsung konsultasikan ke dokter untuk segera mendapat penanganan yang tepat.

– Sulit Menelan

Gejala tiroid lainnya yang juga umum dirasakan oleh si penderita adalah kesulitan menelan akibat tenggorokan yang terasa sakit. Semakin berusaha untuk menelan sesuatu, maka si penderita akan semakin tersiksa dengan gejala ini.

– Kesulitan Bernafas

Gejala kanker tiroid paling ekstrim dan umum dirasakan oleh penderitanya adalah sulit bernafas, seperti sesak ringan. Rasa sesak ini semakin terasa saat si penderita menyiram kepalanya dengan air (mandi). Tak jarang penderitanya jadi jarang mandi hingga mengidap bau badan.

Tips Mencegah Kanker Kelenjar Tiroid

Selayaknya penyakit yang sudah umum, kanker tiroid juga bisa dicegah sedini mungkin sebelum berubah jadi penyakit ganas. Beberapa cara untuk mencegahnya juga sudah kami siapkan untuk memenuhi kebutuhan kamu akan informasi tersebut.

1. Penuhi Asupan Yodium

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit tiroid ini adalah memenuhi asupan yodium sesuai dengan standart kebutuhan manusia. Berdasarkan riset halodoc, manusia butuh asupan yodium dari garam di setiap asupannya.

Jadi, sebaiknya kamu makan makanan yang mengandung garam ya. Tidak apa-apa lauk pauk mu sedikit asin asalkan asupan yodium mu terpenuhi demi meminimalisir penyebab tiroid.

2. Bentuk Pola Hidup Yang Sehat

Membentuk pola hidup yang sehat juga jadi salah satu cara mencegah kanker tiroid. Pola hidup yang sehat ini bisa kamu mulai dengan tidur lebih awal, berolahraga, mengkonsumsi sayur, buah, dan susu agar penyebab tiroid tidak mudah menyerang kesehatan mu.

Meskipun penyebab tiroid ini kebanyakan dari riwayat genetic dan penyakit turunan, namun jika kamu berhasil membentuk pola hidup yang sehat maka kemungkinan kamu terserang kanker akan sangat kecil.

3. Hindari Paparan Radiasi Secara Langsung

Terakhir, kamu harus menghindari paparan radiasi secara langsung karena radiasi ini bisa mengakibatkan tumbuhnya sel yang tidak terkontrol hingga akhirnya berubah jadi kanker tiroid.

Itulah sekilas informasi mengenai kelenjar tiroid, penyakit, gejala, dan cara mencegahnya. Yuk, mari sama-sama cegah penyakit ini dengan melakukan tips-tips tadi.