Mengenal Penyakit Infeksi Saluran Kencing

infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing bukanlah gangguan kesehatan yang boleh disepelekan. Jika terserang penyakit  ini, kamu akan merasa tersiksa dan kesusahan karena saluran kencing akan bermasalah saat melakukan pembuangan.

Siapapun yang pernah merasakan penyakit gejala infeksi saluran kemih (baru gejalanya nih) pasti tidak mau mengalaminya lagi karena begitu tidak nyamannya kondisi kesehatan yang bermasalah akibat penyakit ini.

Penyebab infeksi saluran kemih ini pun bermacam-macam dan salah satunya adala kebiasaan buruk. Namun sayangnya, jarang masyarakat yang peduli dan tahu akan kebiasaan buruk yang jadi penyebab infeksi ini sampai ketika sudah menderita masalah kemih, barulah mereka mulai peduli.

Kalau kamu tak ingin bermasalah dengan infeksi ini, yuk kenali ciri-ciri infeksi saluran kemih, penyebab, dan pencegahannya. Kami sudah merangkum khusus buaut kamu tentang informasi masalah saluran kemih ini dalam ulasan berikut.

Tentang Infeksi Saluran Kencing

Infeksi saluran kencing merupakan salah satu masalah kesehatan yang terjadi pada sistem urine yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Penurunan fungsi ini diakibatkan oleh infeksi yang terjadi di sistem kemih seperti urine, ginjal uretra atau kandung kemih.

Pada umumnya, masalah penurunan fungsi sistem urine ini lebih banyak dialami oleh wanita. Namun bukan berarti laki-laki tidak akan mengalami ciri maupun gejala infeksi saluran kemih ini. Jadi, buat kamu para laki-laki dan wanita, pastikan kamu masih menjaga pola hidup sehat hingga sekarang.

1. Ciri-ciri Infeksi Saluran Kemih

Ciri-ciri infeksi saluran kemih ini sangat mengerikan dan mungkin setelah mengetahuinya kamu akan berharap agar dijauhkan dari infeksi ini. Berikut adalah gejala gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh masalah saluran kemih.

– Sering Kebelet Pipis Tapi Yang Keluar Hanya Sedikit

Pertama, kamu akan merasa sering kebelet pipis tapi yang keluar hanya sedikit. Ciri-ciri infeksi saluran kemih yang satu ini sangat menyebalka karena kamu akan terus dirundung rasa kebelet pipis karena air kencing yang keluar tidak seluruhnya.

– Kemaluan Terasa Panas

Ciri-ciri infeksi saluran kemih yang satu ini adalah yang paling ekstrim karena kemaluan mu akan terasa panas seperti terbakar. Jika tidak mirip seperti terbakar, minimal kamu akan merasa seperti kemaluan mu diolesi balsem panas. Bayangkan, apa rasanya.

– Kencing Berarah / Berwarna Gelap

Kamu juga akan mengalami ciri-ciri infeksi saluran kemih lainnya yaitu kencing berdarah atau berwarna gelap seperti kopi hitam. Hal ini pun terjadi akibat penurunan fungsi pada sistem urine yang mengakibatkan infeksi.

– Kemaluan Terasa Sakit

Kemaluan mu juga akan terasa sakit setelah mengeluarkan air kencing yang sedikit. Rasa sakitnya seperti sakit pada luka memar. Ciri-ciri infeksi saluran kemih yang satu ini juga cukup menyiksa si penderitanya.

2. Penyebab Masalah Saluran Kemih

Jika seseorang mengalami masalah saluran kemih ini bukanlah tanpa alasan. Penyeba infeksi saluran kemih yang paling utama adalah kebiasaan tidak menjaga pola asupan yang baik bagi kesehatan pencernaan. Berikut adalah penyebabnya secara detil.

– Bakteri Yang Masuk Ke Sistem Urine

Penyebab infeksi saluran kencing yang pertama adalah bakteri yang masuk ke sistem urine dan bersarang di dalamnya. Bakteri ini pun masuk melalui makanan atau minuman yang dimakan sembarangan tanpa memperhatikan sterilisasi.

– Kurang Minum Air Putih

Penyebab infeksi saluran kemih berikutnya adalah kurang minum air putih setiap harinya. Minum air putih yang cukup atau lebih bermanfaat untuk membuang bakteri melalui dorongan air kecil. Tapi jika jarang minum, bagaimana mungkin air kencing bisa keluar untuk mendorong bakteri.

3. Cegah Infeksi Saluran Kencing Dengan Cara Ini

Setelah mengetahui ciri-ciri infeksi saluran kemih dan penyebab infeksi saluran kencing, sekarang kamu juga perlu tahu cara mencegahnya. Pencegahan ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan mengontrol habits atau kebiasaan mu.

-Cuci Tangan Sebelum Makan

Halodoc menyarankan agar mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum memasukan sesuatu ke dalam mulut, termasuk makan atau memeriksa gigi. Cuci tangan akan membantu kamu terhindar dari ciri-ciri infeksi saluran kemih karena tangan mu sudah steril sebelum makan.

-Banyak Minum Air Putih

Kamu perlu banyak minum air putih agar bakteri yang sudah terlanjur masuk ke sistem urine bisa keluar lagi karena didorong oleh air kencing yang keluar. Konsumsilah minimal 2 liter air putih setiap harinya. Gejala infeksi saluran kemih tidak akan kamu rasakan jika point ini selalu kamu terapkan.

-Kurangi Konsumsi Kopi

Kopi adalah minuman yang akan membuat mu lupa dengan air putih sehingga nantinya konsumsi air putih mu akan berkurang. Minum kopi bisa jadi salah satu faktor penyebab infeksi saluran kencing jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan.

-Jaga Pola Tidur Yang Baik

Terakhir, kamu harus jaga pola tidur yang baik agar sistem metabolisme tubuh dan reproduksi sel-sel baru bisa bekerja secara maksimal untuk menjauhi mu dari infeksi saluran kencing.

Yuk cegah infeksi saluran kencing sejak dini sebelum kamu merasakan dampaknya bagi kesehatan. Ingat, sehat itu, berharga.